Mata Air Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan merupakan sebuah mata air yang berada di sebuah lembah antara perbukitan pinus dan perkebunan teh. Sendang Geulis Kahuripan atau Talaga Kahuripan masyarakat setempat biasa menyebutnya, jika di artikan satu persatu maka memiliki arti kurang lebih adalah, Sendang berarti kolam di pegunungan, dan Geulis berarti cantik dalam bahasa sunda, dan Kahuripan artinya adalah kehidupan. Jadi jika diartikan secara keseluruhan Sendang Geulis Kahuripan adalah kolam di pegunungan yang berasal dari mata air segar dan memiliki pemandangan cantik.

Mata air Sendang Geulis Kahuripan memancar dari sela-sela bebatuan yang berada di bawah sebuah pohon besar, dan jika debit airnya sedang besar terkadang mata air ini memancar seperti halnya curug kecil atau air terjun kecil. Sendang ini juga memiliki manfaat sebagai pemberi kehidupan bagai masyarakat yang ada di sekitarnya, hal ini dikarenakan mata air Sendang Geulis Kahuripan ini terus memancar sepanjang tahun meskipun pada musim kemarau, hanya saja debit airnya yang berkurang namun kejernihannya tetap terjaga.

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk menuju mata air Sendang Geulis Kahuripan ini. Letaknya yang berapa di tengah-tengah perkebunan teh milik PTPN VIII ini, dapat ditempuh melalui jalur yang berasal dari Kecamatan Cikalongwetan maupun dari Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Kontur jalan perkebunan teh yang berbatu sedikit menjadi kendala untuk setiap pengunjung yang akan menuju ke Sendang Geulis Kahuripan, selain tidak ada transportasi umum untuk menujut tempat ini namun kita masih bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor, namun lebih direkomendasikan menggunakan sepeda motor dikarenakan kondisi jalan yang berbatu.

Selain mata air Sendang Geulis Kahuripan sebagai core utama tempat wisata ini, namun rupanya pengelola juga menyediakan sarana lainnya berupan kolam renang yang tentu saja airnya berasal dari mata air Sendang Geulis Kahuripan yang terjamin kebersihan, kejernihan dan kesegarannya. Disini juga pengelola menyediakan fasilitan toilet maupun tempat bilas setelah selesai mandi baik di kubangan mata air Sendang Geulis Kahuripan maupun dari kolam renang. Tidak lupa pengelola juga menyediak area untuk botram atau makan bersama setelah selesai bermain air, ada juga nasi liwet yang disediakan jika kita memesannya.

Sumber mata air Sendang Geulis Kahuripan ini berada di wilayah RPH Cikalongwetan, BPKH Padalarang Perum Perhutani BPKH Bandung Utara. Terletak di kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Untuk biasa masuk kawasan wisata Sendang Geulis Kahuripan ini, pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp.10.000 rupiah saja.

Simak juga video Sendang Geulis Kahurpan di Youtube awiracr



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Taman Manalusu Sebuah Aquarium Alami

Aliran Sungai Citarum Rajamandala